Sosialisasi Model Pembelajaran Team Quiz Pada Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V MIN 2 Batam

  • Sari Mahwati Hasibuan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam Kepulauan Riau
  • Saidah Oktariyati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam Kepulauan Riau
  • Sarah Sarah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam Kepulauan Riau
Keywords: Sosialisasi, Model Pembelajaran Team Quiz, Siklus Air

Abstract

Penerapan pembelajaran ini tujuannya untuk mengetahui bagaimana cara belajar siswa pada pembelajaran IPA materi siklus air menggunakan model pembelajaran Team Quiz dengan harapan agar siswa mampu lebih aktif dan tanggung jawab dari kegiatan bertanya dan menjawab melalui suasana yang menyenangkan. Semoga dengan adanya Team Quiz guru dan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sempurna. Kegiatan ini untuk memudahkan berbicara siswa agar mudah dan lancar pada pembelajaran IPA di kelas V. Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan menjawab siswa. Pada kegiatan ini dilakukan dengan 1 rombel di kelas V yang berjumlah 34 orang. Dan Teknik dalam pengumpulan datanya melalui observasi yang langsung ke siswa kelas V. Meningkatnya kemampuan dalam bertanya dan menjawab siswa bisa dilihat setelah observasi. Hanya saja, hasil yang didapat belum masuk dalam kata sempurna dan dapat dikatagorikan dengan cukup baik dan baik. Apabila proses kegiatan dilakukan dengan terus-menerus akan meningkatkan menjadi baik sekali ataupun mendekati sempurna, seperti yang diharapkan. Simpulan hasil akhir penggunaan model ini dalam sosialisasi dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan menjawab siswa pada pelajaran IPA materi siklus air di kelas V MIN 2 Batam.

Published
2024-01-31
How to Cite
Hasibuan, S. M., Oktariyati, S., & Sarah, S. (2024). Sosialisasi Model Pembelajaran Team Quiz Pada Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V MIN 2 Batam. SIGMA : Jurnal Sinergi Mengabdi, 1(2), 75-81. https://doi.org/10.61456/jurnalsigma.v1i2.145
Section
VOL 1. NO.2. JANUARI 2024